Posisi Perangkat Jaringan Dalam Model OSI Layer

Sebelumnya kita harus mengetahui model OSI layer dan perangkat yang digunakan dalam jaringan. Kedua hal tersebut sangat berhubungan sekali dengan jaringan komputer. Oleh karena itu saya akan mencoba membahas letak atau posisi perangkatnya.

Posisi Perangkat Jaringan Dalam Model OSI Layer


posisi perangkat jaringan
* NIC/Kartu Jaringan
Kartu jaringan atau NIC adalah perangkat yang terhubung dengan media transmisi data secara langsung. NIC memiliki fungsi membuat sinyal yang dapat di transmisikan kedalam media transmisi data dengan mengubah bit-bit data dari komputer. Dengan begitu kartu jaringan OSI layer akan menempati layer pertama yaitu physical layer.

* Hub
 Posisi Hub sama dengan NIC yaitu menempati physical layer. Hub berfungsi untuk pembentukan jaringan yang hanya meneruskan data tanpa adanya penyaringan data dan alamat tujuannya.

* Repeater
Fungsi Repeater hampir sama dengan Hub dalam pembentukan jaringan namun peerbedaanya pada jumlah portnya yang lebih sedikit. Oleh karena itu Repeater juga menempati physical layer.

* Bridge
Bridge berfungsi menyaring data yang dikirim dan juga mengidentifikasi lamat tujuannya. Dengan begitu Bridge menempati data-link layer.

* Switch
Posisi switch sama dengan Bridge yaitu di data-link layer. Yang membuat Switch ada di data-link layer adalah pengalamatan tujuan data yang dikirim dari MAC address. Ada juga Switch yang menempati network layer dengan kemampuan yang lebih.

* Router
Posisi Router terdapat di network layer, karena memang juga menyaring pengaalamatan tujuan data namun bukan dari MAC addres, melainkan melalui IP Address.

Okey itulah penjelasan mengenai Posisi Perangkat Jaringan Dalam Model OSI Layer. Terima kasih sudah berkunjung di tutorilio.com. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Posisi Perangkat Jaringan Dalam Model OSI Layer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Tekan close (x) 2 kali untuk menutup, jangan lupa Berlangganan

Masukkan Email aktif untuk update artikel via email :

Delivered by FeedBurner

×