Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tutorial Cara Membuat Efek Hujan Menggunakan Photoshop untuk Pemula

Cara Membuat Efek Hujan Menggunakan Photoshop - Menambahkan efek hujan ke dalam sebuah foto bisa jadi merupakan cara yang dapat anda gunakan untuk membuat foto itu menjadi lebih menarik. 
 
Efek hujan biasanya identik dengan suasana romantis. Karena memotret dalam keadaan hujan sangatlah tidak memungkinkan karena akan ada resiko kamera anda menjadi basah maka salah satu solusi yang bisa anda lakukan adalah dengan membuat efek hujan dengan menggunakan photoshop. 
 
Pertama-tama buatlah foto pada saat hujan telah reda agar suasana sekitar tetap menampakkan suasana hujan, barulah setelah itu hasil fotonya anda edit dengan menggunakan photoshop untuk menambahkan efek hujan.

Cara Membuat Efek Hujan Menggunakan Photoshop


Membuat efek hujan menggunakan photoshop di dalam sebuah foto bukanlah perkara mudah. Bisa dikatakan bahwa ini membutuhkan skill editing photoshop pada level intermediate. Tapi tentu saja bagi anda yang pemula tetap bisa mencoba untuk mempraktekkannya siapa tahu dengan mempelajari tutorial photoshop ini anda justru dapat mengetahui teknik-teknik baru dalam mengedit foto dengan photoshop.


Tutorial Cara Membuat Efek Hujan Menggunakan Photoshop

 

Langkah Pertama

Buka file foto yang akan ditambahkan efek hujan pilih menu File>Open atau bisa juga dengan menekan tombol CTRL + O pada keyboard anda. Setelah foto masuk ke dalam photoshop, lakukan duplikasi dengan menekan shortcut CTRL + J. Setelah itu pilih menu Image>Canvas Size guna menambahkan ukuran canvas. atur saja ukuran canvas sesuai dengan kebutuhan anda seperti bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

Cara Membuat Efek Hujan Menggunakan Photoshop

Langkah Kedua

buatlah sebuah layer baru khusus untuk efek hujan. Klik menu Layer>New Layer kemudian berikan nama Hujan untuk Mode plih Screen dan jangan lupa untuk mencentang kolom Fill with Screen Neutral Color (Black) kemudian tekanlah tombol OK.

Cara Membuat Efek Hujan Menggunakan Photoshop

Langkah Ketiga

Klik pada layer hujan, setelah itu menuju menu Filter>Noise>Add Noise. Pilih Mode Gaussian dan centang kolom Monochromatic yang ada pada kiri bawah jendela Noise. Atur amount sesuai kebutuhan (silahkan bereksperimen).

Cara Membuat Efek Hujan Menggunakan Photoshop

Langkah Keempat

Tambahkan efek Blur dengan menuju menu Filter>Blur>Blur. Setelah itu tambahkan efek Motion Blur untuk memunculkan efek rintik hujan. menuju Filter>Blur>Motion Blur. Atur Angle untuk mendapatkan arah jatuhnya hujan. untuk ukuran rintik hujan anda bisa mengaturnya pada kolom Distance.

Cara Membuat Efek Hujan Menggunakan Photoshop

Langkah Kelima

Untuk finishing, pilih Menu Image>Adjustment>Levels. Geser slide untuk memperhalus efek hujan dan mengurangi jumlah rintik hujan yang ada pada foto. silahkan bereksperimen sampai menemukan efek hujan sesuai dengan yang anda inginkan.

Cara Membuat Efek Hujan Menggunakan Photoshop


Demikianlah langkah-langkah yang bisa anda ikuti untuk membuat efek hujan menggunakan photoshop. Ketika pertama kali mencobanya mungkin anda akan menemukan kesulitan, akan tetapi apabila anda mengikuti setiap langkah yang dijelaskan di atas dengan baik, saya yakin anda pasti akan berhasil untuk menambahkan efek hujan buatan ke dalam foto anda. Simak terus postingan saya mengenai tutorial photoshop, pada artikel selanjutnya saya akan membahas mengenai cara membuat beberapa efek lainnya. Terus belajar dan berlatih.