Penyebab dan Cara Menghemat Baterai Android

Artikel kali ini adalah Penyebab dan Cara Menghemat Baterai Android.
Banyak pertanyaan, kenapa baterai HP Android cepat habis, boros dan tidak tahan lama ? Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan daya baterai tidak awet dan cepat drop. Di bawah ini baca cara mengatasinya.

Penyebab dan Cara Menghemat Baterai Android

Penyebab Baterai Boros dan Cara Mengatasinya

Jaringan Lebih Dari Satu

Menggunakan dual SIM card pasti membutuhkan dua jaringan. Hal ini yang menyebabkan baterai menjadi boros, ditambah lagi jika Anda menyalakan WiFi.

Solusi : Gunakan salah satu SIM card yang paling sering dipakai. Jika internetan menggunakan SIM card, cukup satu jaringan saja yang aktif, WiFi dan jaringan lainnya dimatikan saja.

Aplikasi Berjalan di Background

Banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang bisa juga membuat baterai cepat habis. Contoh aplikasi yang sering berjalan di latar belakang biasanya adalah BBM dan sosial media lainnya.

Solusi : Gunakan aplikasi yang sering digunakan saja. Uninstall aplikasi yang jarang digunakan. Jika Anda menggunakan Android KitKat, untuk mengetahui aplikasi apa saja yang mengonsumsi baterai, buka Settings - Battery. Di sini pengguna bisa mengetahui aplikasi mana saja yang paling memakan daya baterai, lalu hentikan aplikasi yang berjalan tersebut.

Layar HP Terlalu Cerah

Terkadang ketika di tempat terang, kita pasti membutuhkan brightness cahaya yang lebih terang dibanding di tempat gelap. Ini yang membuat konsumsi baterai lebih banyak terpakai dan akhirnya baterai menjadi boros.

Solusi : Gunakan pencerahan cahaya ketika diperlukan saja, ketika sudah tidak diperlukan, matikan saja.

Google Maps atau GPS

Terkadang ketika kita tidak tau arah pasti kita menggunakan aplikasi Google Maps atau GPS. Namun, kita harus tau aplikasi map tersebut membutuhkan daya baterai yang sangat banyak, yang pernah Saya rasakan, tadinya baterai tersisa 60%, tiba-tiba langsung drop di 40%.

Solusi : Gunakan seperlunya saja ketika mencari tempat, jika sudah tidak diperlukan nonaktifkan GPSnya.

Sambungan Bluetooth

Walaupun bluetooth jarang digunakan, tetapi sekalinya dipakai, aplikasi bluetooth ini cukup menguras energi pada baterai HP.

Solusi : Gunakan seperlunya saja, jika sudah tidak digunakan dinonaktifkan saja.

Sinkronisasi Akun

Email yang kita punya seperti gmail atau akun sosial media yang aktif selalu berhubungan dengan aplikasi yang lainnya. Contoh game Get Rich atau Google Play Store, game yang kita mainkan membutuhkan login ke akun sosial media untuk share hasil score, sedangkan Play Store membutuhkan email dari gmail untuk login, beberapa aplikasi pasti membutuhkan sinkronisasi.

Solusi : Matikan internet jika sudah tidak menggunakan untuk online, karena ketika internet aktif maka akun yang ada pada HP akan otomatis tersambung untuk sinkronisasi. Jika akun tidak diperlukan bisa disetel di Settings - Accounts Sync, agar tidak memulihkan otomatis.

Widget yang Berjalan

Banyak widget yang tidak sering digunakan berjalan di latar HP. Contoh widget Cuaca, Google Maps, Alarm, Google Search, dll.

Solusi : Buang widget yang tidak sering digunakan dengan cara tap atau tekan dan seret ke icon tong sampah.

Tema atau Launcher

Di dalam tema atau launcher tidak jarang ada screensaver atau gif animasi yang bisa membuat baterai menjadi sedikit lebih boros, karena CPU bekerja untuk menampilkan animasi tersebut.

Solusi : Jika boros baterai, uninstall saja launchernya.

Bermain Game Berat atau Online

Kita pasti punya game berat yang ada tembak-tembakannya, balapan atau bola yang beresolusi tinggi. Games tersebut memang asik dimainkan, tapi untuk baterai dijamin tidak akan tahan lama apalagi jika ditambah online.

Solusi : Mainnya jangan terlalu sering, kalaupun di-uninstall sangat sayang jika filenya berukuran besar.

Antivirus

Sebenarnya sistem operasi Android tidak memerlukan antivirus, karena sistem operasi Android terbukti kebal virus, hampir sama dengan sistem operasi linux. Justru jika dipasang antivirus, Android malah menjadi berat dan menguras baterai, karena harus aktif setiap saat.

Solusi : Uninstall antivirusnya, karena tidak terlalu berpengaruh untuk memerangi virus.

Spesifikasi

Jika harga HP di atas rata-rata, maka semakin canggih fitur dan hardware yang terdapat pada perangkat. Hal itu yang menyebabkan baterai harus bekerja ekstra untuk menjalankan fitur canggih tersebut. Namun, bisa juga karena baterai yang jelek dan kapasitasnya kecil.

Solusi : Beli powerbank saja.

Hanya itu saja yang bisa Saya sampaikan, jika ada yang kurang, tolong ditambahkan saja di kotak komentar. Semoga artikel Penyebab dan Cara Menghemat Baterai Android bermanfaat untuk Anda semua.

3 Komentar untuk "Penyebab dan Cara Menghemat Baterai Android"

  1. belum punya android saya gan...tapi bermanfaat sekali...hehehe

    tutorialblogwiky.blogspot.com

    BalasHapus
  2. bener batre ane cepet habis, apalagi klo nyalain wifi terus :3

    BalasHapus
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Tekan close (x) 2 kali untuk menutup, jangan lupa Berlangganan

Masukkan Email aktif untuk update artikel via email :

Delivered by FeedBurner

×