Pengertian dan Fungsi Gaussian Blur di Dalam Adobe Photoshop

Efek blur merupakan salah satu efek yang sering digunakan di dalam editing foto. Dengan efek blur maka objek utama akan menjadi lebih fokus. Efek blur biasa juga disebut dengan bokeh. Blur sebenarnya merupakan istilah di dalam fotografi, namun di dalam photoshop juga dikenal beragam jenis efek blur, salah satunya adalah gaussian blur. Lalu apakah sebenarnya pengertian dan fungsi gausian blur di dalam adobe photoshop? Mari kita pelajari bersama.


Pengertian dan Fungsi Gaussian Blur di Dalam Adobe Photoshop
Source: Google Images

Pengertian dan Fungsi Gaussian Blur di Dalam Adobe Photoshop


Untuk mendapatkan efek gaussian blur, di dalam software photoshop anda bisa memilih menu filter>blur>gaussian blur.

Secara sederhana Gaussian Blur dapat diartikan sebagai sebuah efek blur yang dihasilkan oleh sebuah fungsi gaussian. biasanya efek ini dihadirkan dalam beragam jenis software editing. fungsinya adalah untuk mereduksi noise yang muncul pada gambar serta meningkatkan efek blur pada foto. efek blur yang dihasilkan dengan filter ini nampak lembut dan natural sehingga para editor foto sangat gemar dalam menggunakan filter ini.

Pengertian dan Fungsi Gaussian Blur di Dalam Adobe Photoshop
Source: Google Images


Dengan mengaplikasikan efek gaussian blur maka foto yang anda edit akan tampak memiliki bidang yang tidak jelas (blur). Di dalam dunia fotografi, biasanya bidang yang blur disebabkan oleh kemampuan lensa yang dibatasi sehingga hanya berfokus pada titik tertentu saja sementara area lain menjadi blur. Efek blur biasa digunakan di dalam berbagai jenis fotografi seperti makro, produk, model, jurnalistik, dan sebagainya. Terkadang efek blur yang dihasilkan oleh lensa kamera masih kurang tepat sehingga fotografer memanfaatkan photoshop untuk memperkuat efek blur tersebut. Efek blur yang biasa dipilih adalah gaussian blur karena efek yang dihasilkan oleh filter ini nampak natural dan mendekati efek blur yang dihasilkan oleh lensa.

Di dalam photoshop ada beragam filter lainnya selain gaussian blur. Untuk mengetahui fungsi dari beragam filter tersebut anda bisa membaca artikel saya mengenai Fungsi dan Jenis-jenis Filter Pada Photoshop.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Pengertian dan Fungsi Gaussian Blur di Dalam Adobe Photoshop semoga bisa menambah wawasan anda mengenai fitur-fitur yang ada di dalam software adobe photoshop. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel