Pengertian Web Direktori (Apa yang Dimaksud Direktori Website?)


Kali ini Saya akan memberitahu Pengertian Web Direktori (Apa yang Dimaksud Direktori Website?).
Direktori web adalah suatu situs direktori yang berisi kumpulan link ke situs web lain yang diletakkan berdasarkan kategori atau sub kategori sesuai keinginan webmaster atau si pengelola direktori website tersebut. Direktori web itu sama seperti kita meletakkan sebuah file di folder pertama dan folder pertama berada di dalam folder kedua.

Pengertian Web Direktori (Apa yang Dimaksud Direktori Website?)

Aplikasi Direktori Website

Berbeda dengan sistem pada situs search engine, sistem pada direktori web menyajikan daftar situs berdasarkan kategori dan sub-kategori. Direktori web diatur oleh pengelola web dan sistem pengkategoriannya tidak berdasarkan kata kunci tertentu, tetapi berdasarkan intisari sebuah situs.

Selanjutnya para webmaster yang memiliki situs diperkenankan mendaftarkan situs miliknya untuk dimasukkan dalam daftar kategori di sebuah direktori. Setiap pendaftaran situs tergantung aturan si pengelola direktori website (ada yang harus bayar, ada yang mengharuskan tautan balik/reciprocal link, dan ada juga yang sama sekali gratis, tapi harus melalui proses review/pemeriksaan seperti yang diterapkan pada situs http://www.dmoz.org).

Fungsi Situs Direktori Website

Jenis direktori website memiliki fungsi utama, yaitu :


  • Small Search Engine, yaitu tempat pencarian website berdasarkan kategori atau sub kategori tertentu yang telah disediakan oleh pengelola website direktori (dilakukan manual oleh manusia).
  • Helping Big Search Engine, yaitu membantu berbagai mesin pencari seperti google.com, yahoo.com, bing.com, dll saat mengindex dan mengcrawl suatu link website yang aktiv (dilakukan oleh robot mesin pencari).
  • Portal Link Website, yaitu kumpulan link website berdasarkan kategori dan sub kategori yang telah dibuat.


Contoh direktori web, buka link ini http://www.dir.mediainfoweb.com/

Semoga Bermanfaat !

4 Komentar untuk "Pengertian Web Direktori (Apa yang Dimaksud Direktori Website?)"

  1. Sepuluh atau lima tahun yang lalu masih banyak situs direktori Indonesia yang cukup kuat untuk menjadi backlink, sayang sekali di antara sekian banyak situs direktori tsb hanya sedikit saja yang masih bertahan.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah Direktori Industri Indonesia termasuk di antara sedikit situs direktori Indonesia yang masih tetap exist sampai sekarang

    BalasHapus
  3. Sesuai namanya, Direktori.Web.Id adalah situs direktori yang berisi listing gratis untuk website Indonesia dengan struktur kategori dan sub kategori sederhana untuk memudahkan pengguna mendaftarkan websitenya

    BalasHapus
  4. Di antara sekian banyak situs direktori website yang pernah ada di Indonesia, hanya sedikit saja yang masih bertahan. Salah satunya adalah situs Direktori UKM Indonesia yang dikelola oleh beberapa blogger aktif dari berbagai daerah.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Tekan close (x) 2 kali untuk menutup, jangan lupa Berlangganan

Masukkan Email aktif untuk update artikel via email :

Delivered by FeedBurner

×