Cara Menghentikan Pendarahan Setelah Mencabut Gigi


Artikel kali ini adalah Cara Menghentikan Pendarahan Setelah Mencabut Gigi.
Sesuai dengan pengalaman Saya yang sebelumnya tidak tau dan tidak mendengarkan anjuran dokter gigi setelah Saya mencabut gigi di dokter gigi. Hal ini membuat darah pada gigi Saya tidak mau berhenti dan terus-menerus keluar cukup banyak sampai membuat Saya menjadi pingsan beberapa saat.

Biasanya setelah dokter melakukan pencabutan gigi, jika dokter gigi tidak lupa, maka akan memberikan beberapa saran seperti :

Cara Menghentikan Pendarahan Setelah Mencabut Gigi

  1. Gigit kapas atau kasa selama satu jam sampai darah benar-benar berhenti
  2. Minum obat yang dianjurkan oleh dokter
  3. Jangan kumur-kumur air
  4. Bekas luka jangan dipegang dengan tangan atau benda apapun untuk menghindari infeksi
  5. Usahakan untuk tidak merokok dulu setelah pencabutan
  6. Hindari minuman panas, dan beberapa dianjurkan minum es untuk membantu darah berhenti pendarahan, tapi jangan dikumur-kumur, cukup didekatkan di daerah gigi yang bekas dicabut
  7. Jika darah tidak berhenti juga selama 5 jam, jangan anggap remeh, segera kembali ke dokter gigi yang memeriksa atau jika sudah tutup sangat dianjurkan untuk langsung ke IGD rumah sakit, agar akibat dari pencabutan bisa dihindari atau dikurangi
  8. Untuk pencegahan pendarahan pada orang yang mengalami gangguan darah biasanya diberikan suntikan VIT K
  9. Coba gunakan betadine obat kumur seperti yang pernah Saya pakai, dengan cara rendam kapas pada betadine obat kumur dan gigit kapas betadine tersebut di daerah gigi yang pendarahan tersebut.

Ada juga cara sederhana yang bisa kita lakukan seperti ini :


  1. Kita hanya perlu menyiapkan segelas air hangat dan 3 sendok makan garam dapur
  2. Campur dan aduklah air dan garam hingga garamnya larut, kemudian gunakan campuran air dan garam tadi sebagai obat kumur
  3. Sebarkan airnya pada bagian gigi yang baru saja dicabut

Cara di atas ini memang akan menyebabkan rasa perih, tapi tahan saja, karena itu menandakan proses pemberhentian pendarahan yang sedang berjalan. Ulangi tahap ini hingga pendarahan pada gigi benar-benar berhenti.

Perhatian !

Beberapa hal yang perlu kita perhatikan adalah jangan sekali-kali menelan darah yang keluar dari gigi. Selain rasanya yang tidak enak, menelan darah dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh kita. Selain itu, jangan menelan air larutan garam yang dibuat tadi. Sama seperti menelan darah, menelan air garam tidak baik untuk kesehatan dan rasanya mungkin akan membuat kita memuntahkan sisa makanan yang kita makan sebelumnya dan itu rasanya sangat tidak mengenakkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel