Cara Mengoptimalkan Google Webmaster Tools Pada Blog


Kali ini Saya akan memberitahu Cara Mengoptimalkan Google Webmaster Tools Pada Blog.
Untuk mengoptimalkan dan meningkatkan kinerja blog kita, Google Webmaster Tools akan sangat mempengaruhi tingkat keberhasilan website seseorang. Webmaster Tools ini disediakan oleh Google sebagai tempat untuk melakukan setting terhadap keseluruhan data yang berkaitan dengan blog atau web kita. Mulai dari Konfigurasi mengenai Tools, Health, Lalu Lintas, Pengoptimalan, dan Lab. Semuanya ini akan sangat berpengaruh terhadap setiap set up yang kita lakukan.

Cara Mengoptimalkan Google Webmaster Tools Pada Blog

Jadi, jangan sampai Anda melakukan kesalahan dalam mengubah data yang ada di Google Webmaster Tools ini. Jika Anda melakukan pengubahan dan optimisasi dengan benar maka traffik akan segera meningkat dengan tajam.

Pengoptimalan dan penggunaan Meta Tag pada Meta Data sebenarnya sangat berpengaruh terhadap robot search engine, tetapi tanpa didasari dari kinerja Google Webmaster Tools yang baik maka meta tag yang berisi keyword, description, dan lainnya itu akan jadi terhambat. Agar tidak terjadi kesalahan dalam melakukan pengaturan, simak di bawah ini.

Berikut ini Cara Mengoptimalkan Google Webmaster Tools Pada Blog :

1. Menambah Format Feed cadangan di Sitemaps

Salah satu cara memudahkan spider google mengindex halaman, yaitu dengan mengarahkannya melalui sitemaps. Namun, di blogger kita tidak dapat memasang alamat sitemaps sendiri, jadi kita hanya dapat menggunakan alamat standar feed Atom.xml. Tahukah Anda tidak selamanya menggunakan satu target sitemap proses index halaman akan selalu berhasil. Untuk menghindari masalah ini, Saya sarankan Anda menambah alamat sitemap cadangan jika sewaktu-waktu diperlukan. Untuk blogger sendiri ada 4 format default feed yang bisa digunakan sebagai cadangan sitemap, yaitu :

  • Atom.xml
  • Rss.xml
  • feeds/posts/default
  • feeds/posts/default?alt=rss

Cara membuat Format Feed cadangan di Sitemaps :

  • Buka menu Sitemaps di Google Webmaster Tools
  • Kemudian silahkan pilih Add Sitemap
  • Pada kotak silahkan pilih Add general Sitemap
  • Lalu masukan pilihan feed default di atas.

Pilih salah satu dari ke 4 feed tersebut. Beri alamat Peta Situs utama dengan cara menambahkan sitemap seperti di atas dan masukkan peta situs berikut secara manual :

  • http://www.namabloganda.com/sitemap.xml

Biasanya alamat blog Anda pada proses penambahan sitemap sudah bekerja secara otomatis, jadi Anda hanya menambahkan /sitemap.xml saja di belakangnya.

2. Mengatur kecepatan web Crawler (Googlebot)

Apabila Anda menggunakan mode Faster maka Googlebot akan bekerja lebih cepat mengindex halaman Anda. Walaupun cara ini efektif untuk mempercepat googlebot mengindex halaman namun cara ini sangat beresiko dan mode faster biasanya memiliki jatah waktu tertentu (expires), Saya sarankan Anda tetap mempertahankan pada Normal Speed saja.

Cara mengatur kecepatan index web crawler (googlebot) :

  • Pada menu Tools silahkan pilih Set Crawl Site
  • Kemudian beri tanda centang pada Normal Recommended crawl rate.

3. Pilih Target Geographic

Pemilihan Target Geographic dibutuhkan untuk meningkatkan hasil penelusuran di sebuah negara atau semua negara. Jangan terlalu memaksakan diri bertarung kata kunci pada global google, persaingan di google.com terlalu berat bagi content non English dan terus terang akan menghancurkan posisi keyword Anda. Pada kenyataannya ketika seseorang melakukan pencarian, google sebenarnya sudah otomatis melakuan redirect domain sesuai lokasi negara. Di sinilah Anda harus jeli mengatur target geographic lokasi pencarian, jika content Anda lebih cenderung ke bahasa Indonesia berarti target pembaca Anda dari Indonesia juga pastinya. Saya sarankan ada baiknya Anda hanya focus di google.co.id

Cara menentukan target Geographic :

  • Pada menu Tools silahkan pilih Set geographic target
  • Kemudian beri tanda centang pada Associate a geographic location with this site
  • Pilih target negara yang Anda ingingkan, Contoh Indonesia.

4. Berikan kemudahan google mengindex image pada blog Anda

Mengindex setiap gambar yang kita miliki ke Search Engine adalah hal yang harus kita terapkan di sebuah blog. Ada kalanya seseorang mencari file gambar dengan keyword tertentu di sini Anda harus pintar memberikan nama file target. Namun tidak ada rahasia atau metode khusus apapun untuk memenangkan index pencarian pada gambar, yang Anda perlukan hanya menentukan nama file gambar sesuai dengan relevant keyword.

Cara menentukan Enhanced image search :

  • Pada menu Tools silahkan pilih Enhanced image search
  • Kemudian beri tanda centang pada I would like to enable enhanced image search on my site and am authorized to opt into this advanced service.

Anda juga dapat menggunakan perintah alt pada image di dalam postingan. Caranya adalah dengan mengklik kanan pada gambar di dalam posting artikel, lalu tambahkan nama gambar yang Anda inginkan sesuai keyword yang paling banyak dicari di kotak alt. Kosongkan bagian atasnya alt, karena jika keduanya diisi akan membuat blog Anda masuk ke Black Hat SEO.

5. Hindari duplikat kode verification

Perhatikan bahwa verifikasi hanya ada satu pada satu alamat blog, kebanyakan blogger baru dengan mudahnya melakukan copy-paste source code ke blog lainnya tanpa peduli kode verifikasi ini masih menempel di kode yang lama. Walaupun google hanya melakukan pengecekan kode verifikasi pada alamat blog tujuan, tidak ada salahnya kita menghindari duplikat kode verifikasi. Salah satu kelemahan blogger di mana ketidakmampuannya memberikan kebebasan pilihan verifikasi dalam bentuk HTML file.

Cara verifikasi kode Google :

  • Pada tab tools silahkan pilih menu Manage Site verifikasi
  • Kemudian pada kotak pilihan silahkan pilih Add a meta tag
  • Silahkan copy paste code tersebut ke halaman Edit HTML Anda dan letakan kode ini bawah tag <head> Jika sudah simpan blog Anda
  • Kemudian kembali ke google webmaster lalu tekan command Verified
  • Sampai di sini Anda sudah berhasil melakukan verifikasi.

3 Komentar untuk "Cara Mengoptimalkan Google Webmaster Tools Pada Blog"

  1. mungkin artikelya perlu di update gan, banyak yang sudah uzur.

    debetimes.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Misi gan, mau tanya.. Caranya biar home page bisa tampil di google pencarian gmn ya gan ? Contoh, saya search Facebook (tanpa .com), terus bisa muncul Facebook (sebagai homepage), dibawah nya ada halaman-halaman nya, keliatan rapi dan sangat professional..

    gamesoftmajority.blogspot.com (blog newbie)

    Thanks gan..

    BalasHapus
  3. Numpang nanya gan bagaimana cara Mengatur kecepatan web Crawler (Googlebot), pada webmaster terbaru. tolong penjelasannya? karena saya tidak dapat menemukan menu ini. Terima kasih.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Tekan close (x) 2 kali untuk menutup, jangan lupa Berlangganan

Masukkan Email aktif untuk update artikel via email :

Delivered by FeedBurner

×