Cara Membuat Baterai Modem BOLT 4G LTE Menjadi Awet


Kali ini Saya akan memberitahu Cara Membuat Baterai Modem BOLT 4G LTE Menjadi Awet (Tahan Lama).
Jaringan internet yang bagus adalah hal paling penting bagi pengguna internet. Jika jaringannya bagus, maka untuk mencari informasi di internet akan membuat nyaman pengguna internet. Zaman sekarang memang sudah modern dan serba praktis serta murah untuk mendapatkan jaringan internet yang super cepat. Namun sayangnya hal itu hanya berlaku di negara lain bukan di Indonesia

Cara Membuat Baterai Modem BOLT 4G LTE Menjadi Awet

Solusi berselancar di internet saat ini sudah mencapai generasi ke 4 atau biasa disebut dengan 4G. Sebuah perusahaan provider layanan mobile broadband yaitu PT.Internux telah mengeluarkan produk MIFI (Modem Wifi) berteknologi 4G LTE dengan nama produk BOLT. Layanan 10 kali lebih cepat yang ditawarkan memang sangat menggiurkan pelanggan.

Ketika launching beberapa waktu yang lalu, BOLT 4G LTE banyak diserbu pelanggan. Modem Wifi BOLT 4G LTE hadir dengan bentuk minimalis dan terlihat mungil dengan merk ZTE MF90. Ada dua tombol di perangkat tersebut. Tombol atas yaitu tombol Power, sedangkan tombol di bawahnya yaitu tombol WPS (tombol untuk mengaktifkan atau menonaktifkan wifi).

Penggunaan Modem Wifi (MIFI) BOLT 4G LTE terkadang dipakai oleh pengguna dalam jangka waktu yang lama, sedangkan jika hanya menggunakan suply baterai asli dari BOLT mungkin dalam waktu 2 jam lebih kurang, baterai akan low. Banyak pemakai awam yang menggunakan perangkat ini hanya sampai baterai habis saja, setelah itu di-charge kembali, dan ada juga pemakai yang tidak mau mengisi dayanya, karena PC yang pengguna tersebut pakai bisa sekalian mengisi daya dan internetan.

Nah, hal itu yang akan membuat kondisi baterai akan semakin melemah, sedangkan dari produsen belum mengeluarkan suku cadang baterai untuk penggantian baterai, apabila baterai tersebut kembung. Makanya sekarang ini banyak orang cerdas yang menemukan solusi bagaimana cara agar baterai MIFI (Modem Wifi) yang kita miliki menjadi awet dan tetap lancar ketika kita gunakan.

Cara ini sangat mudah, dan hanya memerlukan baterai palsu sebagai pengganti baterai asli dari BOLT. Nama baterai palsu itu adalah Baterai Dummy (Fake Battery). Di bawah ini adalah contoh fake battery yang dijual di pasaran.

Cara Membuat Baterai Modem BOLT 4G LTE Menjadi Awet

Cara mendapatkannya, yaitu :

1. Anda bisa membeli baterai tersebut di toko online, saat ini banyak penjual yang dapat kita temui di forum jual beli seperti Kaskus, Olx, Berniaga, Modemku, dll.

2. Dengan membuat baterai dummy sendiri. Jika Anda mengetahui komponen elektronika, mungkin tidaklah sulit untuk merangkai alat ini.

Cara membuat baterai palsu

1. Komponen yang dibutuhkan adalah sebuah kapasitor 1000uf (ELCO) dan sebuah resistor 33k Ohm.
2. Rangkai komponen tersebut dengan memasangkan resistor 33k Ohm dengan kutub negatif dan disambungkan ke konektor tengah, sedangkan kutub negatif kapasitor di sebelah kiri dan kutub yang positif disambungkan ke konektor kanan.
3. Kemudian diisolasi atau disolder hingga merekat.

Setelah Anda membuatnya sendiri, Anda bisa menggunakan MIFI BOLT tanpa harus menggunakan baterai aslinya dan MIFI BOLT siap dicolokkan ke adaptor charger untuk menikmati layanan internet dengan puas tanpa harus memikirkan kondisi baterai yang akan ngedrop.

Cara Membuat Baterai Modem BOLT 4G LTE Menjadi Awet

Perhatian !

  • Harga di toko online sekitar Rp.30 ribu kurang lebih, jika merakit sendiri harganya sekitar Rp.7 ribu kurang lebih untuk harga kapasitor dan harga resistor.
  • Saya sarankan jika Anda belum menguasai dasar elektronika, lebih baik beli saja melalui online.
  • Untuk pemasangan baterai palsunya jangan sampai terbalik, negatif untuk sebelah kiri dan positif untuk sebelah kanan.
  • Kelebihan baterai dummy adalah membuat awet baterai asli dari perangkat bawaan, jadi kita dapat menghemat pengeluaran biaya untuk membeli baterai yang baru.
  • Ada beberapa kasus orang-orang yang membeli baterai palsu ternyata tidak bisa membuat modemnya menjadi nyala. Nah, sebelum Anda membeli Saya beritahu dulu kalau sebenarnya baterai dummny hanya dikhususkan untuk laptop atau smartphone saja dan sistemnya adalah charger modem dicolokkan ke saklar, bukan dicolokkan ke USB pada PC, namun jika daya pada PC Anda besar bisa dicoba.
  • Tanyakan cara pemakaian baterai dummy pada si penjual atau si pembuat.

Itulah sedikit informasi mengenai Cara Membuat Baterai Modem BOLT 4G LTE Menjadi Awet. Semoga apa yang Saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian

2 Komentar untuk "Cara Membuat Baterai Modem BOLT 4G LTE Menjadi Awet"

  1. Kapasitor tersebut memakai berapa volt gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terserah mau brp volt aja gk masalah gan,, tp biasanya sih yg dipakai 50v

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Tekan close (x) 2 kali untuk menutup, jangan lupa Berlangganan

Masukkan Email aktif untuk update artikel via email :

Delivered by FeedBurner

×