Cara Mengatasi CPU Komputer Hidup, tetapi Layar Monitor Tidak Menyala


Kali ini bahasan Saya adalah Cara Mengatasi CPU Komputer Hidup dan Restart Sendiri, tetapi Layar Monitor Tidak Menyala atau Menampilkan Gambar.
Banyak orang ataupun Saya tiba-tiba mengalami CPU komputer hidup dan restart sendiri, tapi layar monitor tidak bereaksi ataupun menyala alias blank hitam serta muncul pesan no signal ketika sedang beraktifitas di komputer, tentu hal itu membuat kita pasti menjadi jengkel. Sebelumnya Saya bingung, tapi karena Saya cari tau dimana letak kesalahannya, akhirnya pun Saya tau letak masalahnya.

Cara Mengatasi CPU Komputer Hidup, tetapi Layar Monitor Tidak Menyala

Perlu diketahui bahwa monitor itu hanya sebuah perangkat keras untuk menampilkan output dari suatu aktivitas yang diproses pada CPU dengan mengeluarkan gambar, dan jika terjadi permasalahan pada monitor, itu sangat mudah sekali menebak masalahnya. Biasanya jika kerusakan terjadi pada RAM (Random Access Memory), maka yang terjadi komputer Anda tidak akan bisa bekerja dengan normal, contoh layar monitor blank atau tidak bereaksi.

Untuk menemukan penyebab pasti monitor tidak merespon aktivitas pada CPU, Anda harus melakukan beberapa pengecekan diikuti dengan langkah-langkah diagnosa pada hadware CPU. Lakukan pengecekan pada beberapa hardware di CPU.

Beberapa hardware yang sering menjadi pemicu CPU Komputer Hidup Tapi Monitor Tidak Menyala, sbb :

RAM (Random Access Memory)
Kasus komputer hidup tapi tidak direspon oleh monitor bisa dikarenakan RAM rusak, namun bukan berarti RAM yang Anda gunakan sudah rusak. Terkadang RAM dalam kondisi berdebu atau pinnya (kuningan) berkarat, sehingga gagal bekerja secara normal. Cabut RAM dari slotnya dan coba bersihkan.

Jika setelah RAM dibersihkan dan dipasangkan kembali, tapi tidak ada perubahan, maka coba dengan RAM komputer lain, agar bisa memastikan bahwa RAM memang rusak atau ada masalah pada hardware yang lainnya. Jika RAM rusak, CPU akan mengeluarkan bunyi beep panjang atau bunyi beep secara berulang-ulang pada saat Anda menyalakan CPU.

VGA Card (Visual Graphic Adapter)
Selain RAM rusak, kartu grafis bermasalah juga sering menjadi penyebabnya. Coba bersihkan VGA nya, karena VGA tidak berfungsi bisa saja karena banyaknya debu yang menempel atau pinnya (kuningan) berkarat.

Baterai CMOS (Compelementary Metal Oxide Semiconductor)
CPU hidup, monitor diam tidak merespon bisa juga disebabkan oleh baterai motherboard atau baterai CMOS yang sudah waktunya diganti. Baterai motherboard memang jarang menjadi penyebab dari permasalahan ini, namun bagaimanapun juga baterai motherboard juga bisa mejadi penyebabnya sehingga Anda tetap harus melakukan pengecekan.

Jika baterai sudah waktunya diganti, silakan beli baterai motherboard di toko komputer. Harganya sekitar Rp 7000

Processor
CPU hidup dan tidak memunculkan apa-apa pada layar monitor juga bisa disebabkan oleh processor. Jika processor yang menjadi penyebabnya, Anda bisa menggantinya dengan membeli processor yang baru. Sama halnya dengan beberapa hardware pada CPU lainnya, setiap hardware yang tidak bekerja secara normal tidak selalu dikarenakan hardware tersebut mengalami kerusakan, tapi bisa juga dikarenakan hadrware tersebut berdebu, pasta pendingin processornya kering atau pemasangan yang tidak sempurna, jadi pastikan semua hardware sudah terpasang dengan baik.

Untuk mengetahui processor rusak, yaitu CPU sudah menyala selama beberapa menit, tetapi processor tetap dingin.

FAN (kipas pendingin)
Apakah kipas CPU berputar secara normal ? Jika masih berputar secara normal itu artinya FAN CPU Anda masih dalam kondisi siap pakai. Perhatikan posisi FAN pada saat Anda memasangnya, karena pemasangan FAN yang tidak sempurna juga bisa menyebabkan CPU hidup, tapi tidak direspon oleh monitor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel