Cara Mudah Menjadi Siswa Berprestasi


Kali ini Saya akan memberitahu Cara Mudah Menjadi Siswa Berprestasi.
Menjadi siswa yang berprestasi adalah keinginan yang pasti dimiliki oleh setiap siswa yang baik entah dalam hal akademik dan non akademik. Namun sering ditemui kebanyakan dari siswa itu sendiri kurang mengerti bagaimana cara untuk menjadi siswa yang berprestasi itu.

Cara Menjadi Siswa Berprestasi

Berikut di Bawah Ini Metode dan Tips Menjadi Siswa Yang Berprestasi :

1. Niat Dalam Belajar

Meluruskan niat dalam belajar untuk menambah pengetahuan. Saat keinginan belajar muncul, segeralah belajar. Jika mempunyai tujuan dan niat belajar, akan lebih mudah fokus pada apa yang dipelajari.

2. Jangan Malu Bertanya

Jika ada hal atau materi yang belum jelas, tanyakan kepada guru, teman, atau orang tua. Semakin banyak bertanya kita mendapat informasi lebih banyak tentang hal-hal yang belum dipahami.

3. Mendengarkan Penjelasan Guru Dengan Baik

Sebagai siswa yang ingin selalu berprestasi, sebaiknya selalu memperhatikan penjelasan guru dengan seksama. Ketika belajar di kelas, yang harus dilakukan adalah mendengarkan dan mencatat penjelasan guru. Catat hal penting yang tidak ada di dalam buku atau materi yang kurang dimengerti karena materi tersebut akan keluar saat ulangan. Selalu siap jika disuruh menjawab pertanyaan dan berani mengangkat tangan untuk menjawab pertanyaan.

4. Mengulang Pelajaran Yang Telah Diajarkan Di Sekolah

Siswa pulang sekolah, selalu mengulang pelajaran yang telah diberikan di sekolah. Gunakanlah waktu luang untuk membaca dan membuat catatan atau rangkuman. Ini akan sangat membantu kita dalam menghafal atau mengingat dan memahami pelajaran.

5. Kerjakan PR (Pekerjaan Rumah) Dengan Baik

Jika mempunyai pekerjaan rumah, jangan malas untuk mengerjakannya. Menunda pekerjaan rumah akan merugikan diri sendiri. Jika pekerjaan rumah dikerjakan dengan terburu-buru, maka hasilnya tidak akan maksimal. Belajar kelompok adalah cara yang mudah untuk mengerjakan pekerjaan rumah.

6. Istirahat Yang Cukup

Belajar sebaiknya jangan berlebihan dan memaksakan diri. Tubuh kita perlu beristirahat. Oleh karena itu, jangan hanya belajar pada saat akan ulangan saja. Buatlah jadwal kegiatan sehari-hari antara belajar, istirahat, bermain, dan membantu orang tua. Kita harus mampu disiplin membagi waktu.

7. Banyak Berlatih Pelajaran Yang kurang Disukai

Sering berlatih menjawab soal-soal pelajaran adalah cara menguji diri sendiri. Apabila lemah pada satu mata pelajaran, ikutilah kursus, atau les pada guru yang menguasai materi.

8. Mengikuti Kegiatan Organisasi Dan Ekstrakurikuler Yang Disenangi

Dengan mengikuti organisasi, siswa dapat berlatih mandiri, disiplin, dan bersosialisasi. Dengan mengikuti ekstrakurikuler, siswa dapat mengembangkan bakat dan mengisi waktu luang untuk menyegarkan pikiran.

9. Mempunyai Seorang Pembimbing Yang Baik

Pembimbing Terbaik adalah buku, guru, dan orang tua. Selain belajar sendiri, kita pasti membutuhkan bantuan jika menemui kesulitan. Buku, Guru, orang tua, dan teman yang pandai adalah pilihan untuk membantu kesulitanmu.

10. Jangan Suka Menyontek Teman

Menyontek membuat siswa menjadi malas belajar dan suka bergantung pada orang lain. Jujurlah dalam mengerjakan ulangan. Mencontek berarti juga berbohong, mencuri, dan curang. Kebiasaan seperti ini mencerminkan siswa yang tidak baik dan mandiri.

Semoga Bermanfaat !

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Menjadi Siswa Berprestasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Tekan close (x) 2 kali untuk menutup, jangan lupa Berlangganan

Masukkan Email aktif untuk update artikel via email :

Delivered by FeedBurner

×