Cara Membuat Semangat Belajar Tetap Fokus


Kali ini Saya akan memberitahu Cara Membuat Semangat Belajar Tetap Fokus.
Hampir setiap hari kita bertemu dengan yang namanya belajar, tetapi entah mengapa kita juga sering merasakan malas ketika menghadapi yang namanya belajar. Dalam belajar pasti kita ingin pintar dan cerdas, tapi masalahnya belajarnya yang selalu malas.

Cara Membuat Semangat Belajar Tetap Fokus

Berikut ini beberapa tips cara mengatasi malas dalam belajar, yaitu :

Niat yang kuat

Hal ini yang terpenting dalam melakukan setiap hal. Dalam hati kita harus selalu di tanamkan niat yang kuat. Ya tentunya niatnya yang baik. Jika niatnya sudah kuat, baik, dan niat nyari ilmunya untuk menggapai ridha Allah, maka Allah Swt. akan memudahkan urusan dan menjauhkan kita dari kemalasan. Insya Allah.

Punya impian

Pernahkah berpikir mengapa malas belajar? Mengapa kita selalu saja merasa malas? Jawabannya karena kita tidak memiliki motivasi, tujuan, keinginan, dan impian. Dengan punya impian dan motivasi, kita akan terus semangat untuk mencapai impian yang kita inginkan itu.

Buat perjanjian

Buat perjanjian ini maksudnya buat hukuman tersendiri. Contohnya: kita mempunyai targetan satu hari 1 juz membaca Al-Quran. Kalau 1 hari targetannya tidak tercapai, maka hari berikutnya harus 2x lipat dari hari sekarang.Kita dapat mencontoh dari Amirul Mukminin Umar bin Khatab. Suatu saati Amirul Mukminin tertinggal melaksanakan sholat tahajud. Karena meninggalkan suatu keutamaan dan sudah merasa suatu kewajiban, Amirul Mukminin menghukum dirinya sendiri dengan meletakan tangannya di atas api. Karena ingin mengetahui betapa pedihnya siksaan Allah Swt. Di dunia saja, api sudah terasa sangat panas, apalagi di neraka jahannam. Bukankah belajar juga suatu kewajiban?
Dengan membuat perjanjian semacam ini, sedikit akan terhilangkan rasa malas kita. Karena jika malas belajar, kita akan mendapat hukuman yang kita buat, dan kalau malas lagi akan berlipat hukumannya. Kalau masih tetap malas saja, bagaimana mau sukses?

Tidak mengingat masa lampau

"Andaikan dulu aku melakukan itu, mungkin tak akan seperti ini". Nah, kata seperti inilah yang jangan di ucapkan. Kalau ingin bercermin pada masa lalu, memang bagus, kalau itu yang baiknnya. Tetapi kalau kita hanya mengingat-ingat masa lalu, menyesalinya, dan menghabiskan waktu kita yang sekarang, buat apa? Kapan belajarnya? Kalau waktunya hanya dihabiskan untuk menyesali, mengingat-ingat masa lalu yang tidak ada maknanya. Bagusnya kita berusaha, bergerak, supaya sekarang lebih baik dari pada dulu.

Membuat "menu" pembangkit semangat belajar

Contohnya :

  • Kata-kata motivasi/inspirasi (dari Al-Quran, Hadist, atau dari tokoh yang layak di contoh)
  • Foto idola. Contoh : Hasan Al-Banna
  • Planning Board (papan berisi rencana kegiatan selama seminggu atau sebulan)


Musik

Musik itu dapat menghaluskan jiwa, bisa membut kita dekat dengan Allah swt. (tentunya pilih-pilih musiknya, semcam nasyid) atau dengan Murotal Al-Quran. Janji Allah, Al-Quran itu jadi obat untuk menenangkan jiwa. Insya Allah stressnya bisa hilang.

Memakai pewangi. Ada seorang ulama besar yang sebelum ngajar, ia terbiasa memakai wewangian, kemudian tempat untuk para santrinya mencari ilmu, di semerbakkan dengan wangi-wangian juga. Dengan seperti ini belajar pun jadi terasa indah, jauh dari rasa ngantuk.

Istiqomah

Setelah melewati tips ke 1-5, dan kita sudah berada dalam kebaikan, jauh dari kemalasan, maka istiqomahlah. Karena Rosulullah Saw. juga telah mewasitkan kepada kita, supaya beristiqomah dalam kebaikan. Jika sudah beristiqomah, Allah Swt. akan mempermudah urusan kita, salah satunya mengatasi rasa malas ini, insya Allah.

Sekarang sudah tahu cara mengatasi malas belajar. Jika ingin meraih kesuksesan yang di impikan, dan merasakan nikmatnya/manisnya belajar; sementara rasa malas masih tetap ada, cepat atasi sekarang juga.

Belajar itu sangat terasa manis, bahkan melebihi manisnya madu. Belajar dapat di mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja, tidak hanya dari sekolah formal. And dont forget before stady, baca doa dahulu, supaya ilmu yang akan kita dapatkan mudah di pahami dan bermanfaat. Allahumma arinal haqqo haqqon warzuqnat tiba'ah. Wa arinal baathila baathilan warzuqna ijtinabah. "Ya Tuhan kami, tunjukilah bahwa yang benar itu benar, dan berilah kami kesanggupan untuk mengikutinya. Dan tunjukan bahwa yang salah itu salah, dan berilah kami kesanggupan untuk menjauhinya. Aaamin. Ya Allah…, semoga engkau berkenan mengabulkan do'a kami.

Semoga Bermanfaat !

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Semangat Belajar Tetap Fokus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Tekan close (x) 2 kali untuk menutup, jangan lupa Berlangganan

Masukkan Email aktif untuk update artikel via email :

Delivered by FeedBurner

×