Cara Mudah Belajar Photography


Kali ini Saya akan membahas Cara Mudah Belajar Photography.
Bagi Anda yang punya hobi bermain-main kamera, tak ada salahnya memperdalam hobi Anda ini dengan hal-hal yang lebih bermanfaat, misalnya belajar photography secara lebih mendalam lagi. Mendalami dunia photography, ternyata bukan cuma sebatas menyalurkan hobi dan bakat, tapi lebih jauh lagi jika Anda seorang yang telah profesional akan banyak mendatangkan peluang bisnis dan karir untuk Anda.

Cara Mudah Belajar Photography

Seseorang memulai sesuatu pekerjaan akan lebih baik jika itu berangkat dari sebuah hobi yang digelutinya. Jika Anda sekarang punya hobi berfoto dan bermain-main kamera, tak ada salahnya mulai mempelajari dunia fotografi.

Dunia fotografi akan banyak dibutuhkan orang. Berbagai acara seperti; pernikahan, seminar, kegiatan peresmian, wisuda dan sebagainya. Belum lagi saat Anda merambah ke media, baik cetak maupun elektronik, dunia perfilman dan bisnis periklanan, semua membutuhkan seorang fotografer yang handal. Bicara soal bisnis apalagi, orang selalu membutuhkan kualitas foto terbaik untuk mengabadikan momen-momen yang mereka anggap sangat penting.

Ada juga orang yang menekuni fotografi karena nilai seninya. Orang seperti ini sangat mencintai nilai-nilai seni rupa dari hasil foto yang dibuatnya. Oleh sebab itu belajar photography sebenarnya akan memberikan banyak peluang untuk Anda. Jangan sepelekan hobi Anda bermain-main kamera, sebab ternyata itu bisa memberikan keuntungan untuk Anda di masa akan datang.

Teknik Dasar Photography

Bagi Anda para pemula dalam mempelajari aneka teknik fotografi, tak ada salahnya Anda membaca beberapa efek-efek teknik pemotretan berikut ini :

1. Efek foto hidup

Selama ini mungkin kita hanya berpikr bahwa kualitas foto yang baik hanya pada saat kita mengambil posisi yang tepat di tengah untuk objek yang kita ambil. Tahukah Anda yang dimaksud efek foto hidup? Foto akan dikatakan hidup bila di dalam foto tersebut terdapat unsur hidup. Misalnya di dalam foto Anda ada seekor kucing sedang berjalan di atas tangkai, di tengah jalan yang lurus ada seseorang sedang mengendarai sepeda motor. Atau di tengah padang pasir yang luas ada seseorang yang tengah berlari.

Menghadirkan efek hidup dalam foto Anda akan menambahkan rasa kenyamanan mata memandang. Nilai estetika yang dihasilkan akan lebih berkualitas. Coba Anda bandingkan dua buah foto, yang satu memakai efek hidup dan yang satu tidak, akan sangat terasa beda kenyamanan mata orang yang memandangnya.

Terkadang memang cukup sulit menghadirkan efek hidup di dalam sebuah foto. Anda harus pandai-pandai mengabadikan sebuah momen. Misalnya saat kendaraan orang sedang melintas di depan Anda, Anda ingin mengambil setting sebuah gedung yang dilintasi seorang pengendara sepeda motor.

Maka Anda pun dituntut sigap mengabadikan momen tersebut. Tidak mungkin Anda meminta orang tersebut untuk berhenti dulu memintanya agar berfoto. Semua kesigapan itu dapat Anda dapatkan jika sering melatihnya, belajar photography dengan baik.

2. Efek warna

Tahukah Anda semakin sedikit jumlah warna dalam foto yang Anda abadikan, akan semakin bagus kualitas foto tersebut. Hal ini membuktikan cara Anda telah fokus dalam mengambil gambar sebuah objek.

Misalnya Anda mengambil objek pohonan hijau rimbun di sela-sela pepohonan lain dengan aneka warna daun. Jika Anda berhasil menghadirkan warna objek Anda didominasi oleh warna hijau sebagai objek sasaran Anda, artinya hasil foto Anda memiliki kualitas yang cukup baik.

3. Efek sepertiga

Untuk memperindah kualitas foto yang kita ambil, ada juga yang dikatakan efek sepertiga. Efek ini memposisikan objek pada daerah sepertiga dari keseluruhan ukuran foto. Posisi sepertiga yang sedemikian rupa pada sebuah foto akan memberikan kesan estetika yang lebih tinggi.

Beberapa Jenis Fotografi

Sebuah foto bukan hanya representasi dari apa yang dilihat dalam kenyataan. Ini sering merupakan sesuatu yang tidak dilihat oleh seorang pengamat biasa. Sebuah foto pasti bernilai seribu kata, dan memiliki kekuatan untuk menyampaikan arti baru dari situasi tertentu.

Sementara fotografi mungkin menjadi hobi bagi sebagian orang, ini bentuk seni adalah profesi yang lengkap untuk banyak, karena menawarkan berbagai jalan untuk fotografer calon. Foto di dunia yang paling spektakuler tidak perlu memerlukan peralatan yang paling mahal.

Sebuah foto menakjubkan akan membutuhkan keahlian mata, skill terampil yang terlatih untuk menangkap momen dalam cara terbaik mungkin. Meskipun fotografi berwarna mendapatkan popularitas dengan waktu, fotografer sadar tentang potensi penuh gambar hitam dan putih juga.

Jadi, apakah itu semangat untuk fashion atau alam, fotografer di seluruh dunia mengalami ,asa yang menyenangkan saat mengklik tuts! Orang dengan kecenderungan terhadap fotografi dapat memeriksa beberapa jenis fotografi yang juga membuat pilihan karir yang fantastis dan menjadi alasan untuk belajar photography. Diantaranya :

1. Fashion Photography

Genre ini adalah salah satu jenis yang paling menguntungkan. Foto-foto adalah salah satu cara yang paling efektif komunikasi dalam dunia fashion. Di sini, fotografi digunakan untuk membawa perhatian pada pakaian dan aksesoris. Model yang dipilih secara eksklusif untuk menampilkan produk dalam cara terbaik mungkin.

Fotografer fashion saat ini, membuat tampilan tertentu baik dalam lingkungan alam atau yang dibuat di studio. Seringkali, foto-foto modis menemukan jalan mereka di majalah mode terkemuka. Majalah ini melayani kerumunan niche yang mencintai untuk mengetahui yang terbaik dalam pakaian dan aksesoris mode lainnya.

2. Glamor Fotografi

Fotografi glamor juga tentang visual modis, bagaimanapun, dengan perbedaan. Fotografi glamor menyoroti model dalam cahaya yang berbeda ketimbang meletakkan penekanan pada pakaian atau aksesori. Seringkali, gambar telanjang juga merupakan bagian dari fotografi glamor. Ini dapat ditemukan di sampul majalah seperti 'Playboy'.

3. Fotografi Iklan

Fotografi periklanan adalah tentang semua hal yang menciptakan lingkungan yang tepat untuk menyorot produk yang akan diiklankan, dalam cara sebaik mungkin. Para fotografer pada umumnya datang dengan ide-ide atau visual. Kadang-kadang, desain rumah fotografer juga singkat tentang konsep yang diperlukan, untuk mendapatkan hasil tertentu. Foto-foto ini selalu direncanakan dalam koordinasi dengan perusahaan periklanan.

4. Still Life Fotografi

Adalah fotografi hidup tentang menangkap obyek di depan kamera yang sengaja dikelompokkan bersama-sama untuk menciptakan komposisi tertentu. Ini bentuk seni membutuhkan fotografer untuk memiliki rasa yang sangat baik dari komposisi dan pencahayaan. Seorang fotografer dalam hal ini, dapat menciptakan tekstur yang berbeda dan benda-benda yang digunakan menambah minat dengan komposisi normal.

5. Fotografi Pernikahan

Fotografi pernikahan adalah bidang khusus dari bentuk seni ini, yang didedikasikan untuk gertakan saat-saat yang paling berkesan dalam berbagai cara kreatif. Seorang fotografer dapat mengambil / nya pendekatan sendiri terhadap hal ini.

Sementara beberapa lebih suka tradisional 'berpose' cara, ada orang lain yang mendasarkan foto-foto mereka murni pada saat yang sebenarnya. Fotografer juga dapat membuat gambar-gambar modis dengan tema tertentu jika menyenangkan dengan klien.

Ada banyak kasus di mana seperti foto-foto pernikahan glamor dicapture khusus di studio. Saat ini, banyak orang yang bersedia untuk mengeksplorasi ide-ide baru, yang membuka jalan kreatif untuk ahli dalam fotografi pernikahan.

2 Komentar untuk "Cara Mudah Belajar Photography"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Tekan close (x) 2 kali untuk menutup, jangan lupa Berlangganan

Masukkan Email aktif untuk update artikel via email :

Delivered by FeedBurner

×