Macam-macam Software Pengolah Angka (Spreadsheet)


Kali ini Saya akan memberitahu macam-macam software pengolah angka (spreadsheet).
Biasanya yang kita tahu hanya MS.Office Excel, tetapi ternyata ada spreadsheet yang gunanya sama.
Ya sudah langsung saja lihat spreadsheet yang sangat membantu untuk mengolah angka.


1. Kspread

Merupakan aplikasi pengolah angka (spreadsheet) yang bersifat open source dan multiplatform. Jika kita menginginkan aplikasi ini, maka aplikasi ini dapat didownload di www.koffice.org. Berikut ini adalah tampilan dari Kspread.


2. StarOffice Calc

Merupakan aplikasi pengolah angka (spreadsheet) yang bersifatmultiplatfom. Kelebihan dari StarOffice Calc adalah kemampuanya untuk mengklarifikasi data yang ditempakan di lembaran kerja dan membantu pengguna untuk membuat grafik dari data tersebut. Selain itu adalah kemampuannya mengkonversi data dengan aplikasi pengolah angka lain.


3. OpenOffice Calc

Adalah aplikasi pengolah angka yang besifat open source danmulti platform. OpenOffice Calc cenderung lebih mudah digunakan karena tombolnya yang didesain sedemikian rupa sehingga mudah dijalankan. Kita dapat men-download aplikasi ini dari www.openoffice.org.


4. Gnumeric

Adalah aplikasi pengolah angka yang merupakan keluarga dari GNOME Office. Gnumeric bersifat open source dan multiplatform. Gnumeric memiliki tampilan GUI yang user friendly di mana jendela Gnumeric dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar.


5. Abacus

Adalah aplikasi pengolah angka yang hanya membutuhkan memori kecil dan sangat mudah digunakan. Awalnya Abacus dikembangkan sebaggai proyek mahasiswa di Universitas IST, Portugal di bawah bimbingan Prof. Arlindo Oliveira. Abacus memiliki tampilan yang sangat mudah untuk digunakan layaknya aplikasi pengolah angka yang lain.


6. WingZ

Adalah program aplikasi pengolah angka yang bersifat multiplatform. Kelebihan dari wingz adalah sifatnya yang freeware meski dibatasi hanya untuk penggunaan non komersial dan tidak untuk dijual kembali.


7. XESS

Adalah aplikasi pengolah angka yang dibuat oleh AIS (Applied Information System - www.ais.com). XESS bersifat multiplatform. XESS dibuat dalam versi yaitu “enterprise” untuk penggunaan di tingkat perusahaan, dan “lite” untuk pengguna perorangan. Kelemahan yang dimiliki oleh XESS adalah harganya yang sangat mahal, harga XESS standar dijual dengan harga $495 dan XESSPlus dengan harga $595, sedangkan Microsoft Excel hanya $229.


8. Xxl

Adalah aplikasi pengolah angka yang dikembangkan oleh Universitas Nice dan dapat dijalankan dikomputer dengan system Unix. Xxl mempunyai tampilan GUI yang sederhana dan mudah digunakan. Kelebihan dari Xxl adalah aplikasi ini dilengkapi dengan fungsi-fungsi kompleks yang tidak ada di aplikasi pengolah angka lain pada umumnya, karena fungsi-fungsi tersebut memang jarang digunakan oleh pengguna pada umumnya.


9. Lotus 1-2-3

Merupakan aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh IBM. Aplikasi yang termasuk dalam Lotus SmartSuite adalah Lotus Word Pro, Lotus 1-2-3, Lotus Freelance Graphics, Lotus Approach, Lotus Organizer, Lotus FastSite,dan Lotus SmartCenter. Aplikasi ini HANYA dapat dioperasikan di system operasi Windows. Lotus juga dapat mempertukarkan dokumen dengan aplikasi lain seperti Excel.


10. Microsoft Excel

Adalah aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh Microsoft, perusahaan perangkat lunak terbesar didunia. Microsoft Excel HANYA dapat di gunakan dengan system operasi Windows. Microsoft Excel dilengkapi dengan kemampuan dan fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi pengolah angka yang lain. Excel dapat digunakan secara online, misalnya menu help yang dapat diakses melalui internet.

8 Komentar untuk "Macam-macam Software Pengolah Angka (Spreadsheet)"

  1. Terimakasih gan penjelasan dalam artikelnya bermanfaat

    pluss gambarnya di sorot muter2 maknyus

    moga bertambah ilmunya dan manfaat

    BalasHapus
  2. sangat bermanfaat :D trimakasih :)

    BalasHapus
  3. gan untuk donwload sofware abacus tu dimana gang???
    tolonglah lagi penting neeh gan....

    BalasHapus
  4. makasihhhhh dah ngebantu ngerjain tugas TIK kuuu..... :)

    BalasHapus
  5. bagus artikelnya untuk tugas TIK ;)

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Tekan close (x) 2 kali untuk menutup, jangan lupa Berlangganan

Masukkan Email aktif untuk update artikel via email :

Delivered by FeedBurner

×